Galaksi Terbesar Di Alam Semesta

Posted by

Galaksi terbesar di alam semesta atau jagad raya menurut para peneliti adalah IC 1101 ianya memiliki bentuk dan ukuran serta masa lebih besar dari galaksi Bima Sakti dengan lebar 6 juta tahun cahaya. Begitu besarnya alam semesta, astronom memperkirakan ada seratus juta galaksi yang terdeteksi dan beberapa sudah diberi nama. 

Lalu apa dan bagaimana galaksi yang terbesar yang pernah ditemukan saat ini ? 

Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Galaksi ini diklasifikasi sebagai galaksi eliptis super raksasa (E) dan lentikular (S0] dan merupakan galaksi yang paling terang di gugus A2029.IC 1101 tersusun dari banyak bintang dengan kandungan logam yang tinggi, beberapa di antaranya 7 miliar tahun lebih tua daripada Matahari, yang membuat galaksi ini tampak kuning kemerahan.

IC 1101 mempunyai sumber radio yang terang di pusatnya, yang dikaitkan dengan lubang hitam supermasif. IC 1101 ditemukan pada tanggal 19 Juni 1790 oleh astronom Inggris William Herschel.

Pada awal penemuannya, galaksi ini dikira berupa nebula. Setelah penemuan Edwin Hubble pada tahun 1932 beberapa dari "sifat nebula" yang ditemukan sebelumnya sebenarnya adalah galaksi, analisis objek langit kemudian dilakukan dan IC 1101 didapati merupakan sebuah galaksi.


Blog, Updated at: 11:30 PM

1 comments: