Tata Surya (Solar System)

Posted by

Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari sebuah bintang besar yang disebut matahari, dan semua objek yang terikat oleh gaya grafitasinya. Objek-objek tersebut adalah delapan buah planet (sebelumnya 9 karena dicabutnya pluto dari kategori planet) yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya. 

Tata Surya (Solar System) atau yang juga disebut keluarga matahari (The sun and its family) adalah suatu sistem yang teridiri dari Matahari sebagai pusat Tata Surya itu dan di kelilingi dengan planet-planet, komet (bintang berekor), meteor (bintang beralih), satelit, dan asteroid.

Ada sekian banyak teori yang dicetuskan oleh para ahli,  mengenai pembentukan tata surya ini diantaranya adalah teori nebula , teori bintang kembar dan berbagai teori lainnya.

Menurut ilmu astronomi, sistem tata surya kita adalah salah satu dari beberapa sistem tata surya yang ada di alam semesta. Dari banyak tata surya diantaranya mempunyai susunan sistem masing-masing dan memiliki karakter tersendiri, bahkan memiliki karakter sendiri yang bisa saja berbeda-beda antara tata surya yang lainnya. Sebagai contoh misalnya, planet bumi yang sedang kita pijak sekarang ini, berada dalam satu sistem dengan planet-planet lainya yang mana pusat tata surya adalah matahari.

Sinar dan suhu yang diberikan matahari adalah sumber kehidupan, bahkan juga merupakan sumber energi bagi sistem tata surya. Maka dari itu sistem tata surya matahari adalah sebutan untuk tata surya kita atau yang biasa disebut dengan solar system.

Tata Surya merupakan benda - benda yang ada di angkasa / langit diantaranya adalah, matahari, 8 jenis planet, planet-planet kecil, asteroid, satelit, komet, meteor dan bermacam-macam benda lainnya yang ada diantaranya. Matahari yang berperan penting sebagai pusat tata surya, lalu di ikuti dengan anggota lainnya mengelilingi matahari tersebut. Masih banyak lagi tata surya yang ada di seluruh jagat galaksi bima sakti, tata surya kita hanyalah bagian dari salah satu tata surya yang ada. 

Kenapa benda yang berada didalam tata surya mengelilingi matahari ? apa yang sebabnya mereka mengelilingi matahari ? 

Karena matahari memiliki massa yang lebih besar dari benda lainnya, yang berada di tata surya, maka dari itu matahari memiliki gaya gravitasi yang sangat besar dan mampu menarik benda-benda tersebut untuk mengitari mengelilingi pusat matahari, namun benda-benda yang ada di dalam tata surya tersebut hanya mengelili matahari dilintasan dan orbit tertentu saja yang memiliki bentuk elips. 

Atau anda bisa mengikuti teori tata surya yang anda percayai :D 


Blog, Updated at: 12:18 AM

1 comments:

  1. Do you need Finance?
    Are you looking for Finance?
    Are you looking for a money to enlarge your business?
    We help individuals and companies to obtain loan for business
    expanding and to setup a new business ranging any amount. Get a loan at affordable interest rate of 3%, Do you need this cash/loan for business and to clear your bills? Then send us an email now for more information contact us now via Email financialserviceoffer876@gmail.com Whats App +918929509036

    ReplyDelete