Planet Terbesar Di Bima Sakti

Posted by

Sistem tata surya kita ini termasukke dalam ruang lingkup galaksi Bima Sakti. Sistem yang paling kecil adalah satelit yang mengelilingi planet. Lalu planet-planet akan mengelilingi suatu pusat yang dinamakan sistem tata surya dan didalam sistem tata surya kita Matahari adalah pusatnya. Matahari ini juga memiliki pusat di mana Matahari juga berputar mengelilingi pusat tersebut sistem ini disebut galaksi. 

Bisa dianggap sebagai galaksi jika terdapat sekumpulan matahari yang memiliki pusat masing-masing. Satu galaksi dapat berisi jutaan bintang seperti matahari bahkan ada yang besarnya jauh lebih besar dari matahari kita. Jika kita membahas tentang planet terbesar di Tata Surya, maka Jupiter jawabannya, sedangkan untuk bintang di tata surya kita yaitu Matahari. 

Bagaimana jika membahas tentang Planet Terbesar di Bima Sakti ?

Sementara ini VY Canis Majoris adalah bintang super raksasa. Jari-jarinya 1800 sampai 2100 kali radius Matahari. Jika VY Canis Majoris ditempatkan pada pusat tata surya kita akan mencapai orbit Saturnus. Jarak ke bumi sekitar 4.892 tahun cahaya. Bintang raksasa ini memiliki massa 59,67E30 kg ,yang merupakan sekitar 30 kali dari massa Matahari. Diperkirakan memiliki suhu permukaan sekitar 3,200 Celcius (5,800F). Bintang raksasa ini terletak di rasi Canis Mayor. VY Canis Majoris sejauh ini diketahui sebagai salah satu bintang paling besar dan paling terang. Energi yang dipancarkan (Luminosity) cukup drastis, yakni dari sekitar 250.000 sampai 500.000 kali lebih bercahaya seperti Matahari.

Lantas Bagaimana dengan Planetnya ? 

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bukan memiliki cincin saja, tapi lebar cincin disana diperkirakan sangat besar, seperti miniatur planet Saturnus kata ilmuwan. Mereka menyebut sebagai planet Super Saturnus. Ilmuwan mencatat setidanya ada 37 garis cincin disana. Setiap cincin memiliki diameter paling 120 juta km atau 200x kali lebih luar dari cincin Saturnus. Debu di cincin planet tersebut setara isi massa planet Bumi.

Tim astronom Belanda dan Amerika telah mengumumkan bahwa satu planet di bintang J1407 memiliki lebar cincin 200x dibanding Saturnus. Penelitian dilakukan di ruang observasi SuperWASP. Tata surya J1407 adalah tata surya dengan sebuah bintang oranye kecil. Jaraknya 434 tahun cahaya dari bumi. Melihat ukuran cincin planet J1407b, kemungkinan planet ini jauh lebih besar dari planet Saturnus bahkan Jupiter. Mungkin sekitar 10-40 kali dari masa Jupiter. 

Dalam beberapa juta tahun kedepan, cincin disana akan hilang dan akan membentuk satelit atau bulan baru yang mengelilingi planet.


Blog, Updated at: 11:51 PM

0 comments:

Post a Comment